Tuesday, January 27, 2015

Keadaan differential

Berikut adalah rangkuman dimana keadaan differential saat berada di jalan lurus, berbelok..


 
Pada saat mobil berjalan lurus :
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, defferential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan
side gear kiri dan kanan dengan rpm yang sama karena tahanan roda kiri dan kanan sama, sehingga menyebabkan putaran roda kiri dan kanan sama. ( RPM A = B ). 
 
 
Pada saat kendaraan belok kanan
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri mengitari side gear kanan karena tahanan roda kanan lebih besar sehingga menyebabkan putaran roda kiri lebih besar dari roda kanan. ( RPM A > B ).
Pada saat kendaraan belok kiri 
 
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case,

differential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear 


memutarkan side gear kanan mengitari side gear kiri karena tahanan roda kiri lebih 

besar, sehingga menyebabkan putaran roda kanan lebih besar dari roda kiri. ( RPM A < B )

 Satu roda berada dilumpur

Bila salah satu roda berada di Lumpur maka akan terjadi slip bila pedal akselerator 
 
 diinjak. Hal ini disebabkan karena tahanan gesek yang sangat rendah dari permukaan
 
 Lumpur.
 
Keadaan ini akan menyulitkan untuk mengeluarkan roda dari Lumpur karena lebih 
 
banyak terjadi slip dari pada bergerak.
 
sumber : infoautomotivesmk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Cara menyetel valve atau klep pada unit hino JO8E

 Cara menyetel valve atau klep pada unit hino J08E Assalamualaikum Warohmatullah hiwabarokatuh saya akan menjelaskan bagaimana cara menyetel...